Sejarah HTML Dan Perkembangannnya

Sejarah HTML Dan Perkembangannnya

  • 14 Maret 2020

Sejarah HTML Dan Perkembangannnya

Sejarah Dunia – Sekarang dapat dikatakan rata-rata setiap orang sudah mengenal apa itu HTML. Namun tidak dengan Sejarah HTML itu sendiri. HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. Dalam metode atau cara kerjanya, HTML akan memproses implementasi yang mana sebelumnya hanya sebagai konsep hypertext lalu dirubahnya menjadi dokumen atau naskah.

Untuk itu, jangan samakan HTML dengan progam karena keduanya tidak sama. Di era modern seperti sekarang, HTML telah menjadi sebuah patokan standar internet. Dimana itu akan di definisikan oleh pemakainya menjadi W3C (World Wide Web Consortium).

Perlu Anda ketahui, bahwa sebelumnya HTML mengalamai masa-masa sulit dimana belum dijadikan sebagai standar dokumen internet seperti sekarang. Untuk itu, dapat kita jumpai sekarang bahwa level HTML dari versi ke versi baru lainnya memiliki kelebihan masing-masing.

Perkembangan HTML Di Dunia

Perkembangan HTML Di Dunia

Sejarah HTML dimulai dari perkemabangan teknologi pertama dalam dunia website yaitu mulai tahun 1990. Dimana itu terjadi, setelah Tim Berners-Lee yang mana mereka adalah ahli fisika dari sebuah Lembaga Penelitian ternama yaitu CERN. CERN sendiri dibangun mulai tahun 1989.

Mereka memiliki tujuan utama dalam pembuatan HTML hanya dijadikan untuk melayani pembaca dengan maksud supaya mampu membuka dokumen dengan format HTML. Tetapi sejalan waktu dan perkembangan, fungsi HTML sekarang telah terbagi menjadi 5 versi yang dapat kita kenali sebagai berikut:

1. HTML v1.0

HTML v1.0

Pada versi awal HTML menjadi pionir dalam perkembangan HTML itu sendiri. Jadi Anda tidak perlu heran, pada versi tersebut akan ditemukan banyak sekali kekurangannya, termasuk pada sisi antarmukanya yang terlihat cukup sederhana.

Namun untuk HTML versi 1.0, fungsinya sudah mendukung image dalam dokumen dan tidak perlu heading, wrapping, paragraph, hypertext, cetak tebal, atau membuat text miring.

2. HTML v2.0 (24 November 1995)

HTML v2.0

Setelah itu, ada HTML versi 2.0 ini menjadi pionir untuk sebuah web interaktif dan Anda mudah temukan. Jika kita bandingkan dari versi awal, struktur dari HTML versi 2.0 lebih baik dan sanggup menampilkan form dokumen. Sehingga Anda dapat dengan memasukkan nama, alamat, saran, dan kritik didalam dokumen tersebut.

3. HTML v3.0

HTML v3.0

Melihat perbandingan dari HTML versi 2.0, pada HTML v3.0 dapat dianggap gagal karena tidak punya umur panjang. Hal ini, dikarenakan masuknya versi HTML v3.2 yang lebih fresh. Tetapi untuk fungsi HTML v3.0 telah mampu untuk memasukan tabel dan gambar di dalamnya. Satu lagi fitur menarik yang ada di HTML v3.0 adalah telah support rumus matematika di dalam dokumennya.

4. HTML v3.2 (14 Januari 1996)

HTML v3.2

Sejarah HTML Versi 3.2 ini merupakan update dari versi sebelumnya 3.0. Sampai hari ini, diketahui bahwa versi tersebut paling sering dipakai. Pada versi ini telah ditingkatkan yang mana telah penuhi standari W3C. Pada HTML ini lebih dikenal dengan Wilbur, sebelum berganti nama HTML versi 3.2.

Fungsi yang ada pada HTML versi 3.2 adalah mampu memasukan tabel, background, frame, style, dan teks pada sekeliling gambarnya. Pada versi ini, Anda dapat juga memasukan script di luar HTML untuk difungsikan lebih baik dan sesuai tujuan.

5. HTML v4.0 (18 Desember 1997)

HTML v4.0

Untuk versi HTML v4.0 lebih ditingkatkan dari sebelumnya, dimana Anda akan mampu untuk menyematkan link, tabel, text, image, form, meta, dan imagemaps.

6. HTML v4.01 (5 Mei 2000)

HTML v4.1

Ada pembaruan versi 4.0, yaitu hadirnya versi 4.01 ditahun 2000 yang mana juga telah ditingkatkan fungsinya. Pada versi ini, telah mengalami perbaikan kesalahan minor (kecil) yang ada didalamnya. Sekarang HTML v4.01 ini telah menjadi standar elemen untuk atribut script XHTML 1.0.

7. HTML v5.0 (28 Oktober 2014)

HTML v5.0

Terakhir adalah versi 5.0, dimana bisa kami katakana ini adalah HTML versi tercanggih dan stabil dibandingkan pendahulunya. Banyak setruktur terupdate yang awalnya diperkenalkan tahun 2009 lalu. Namu versi ini baru tercipta pada tahun 2010 oleh IETF (Internet Engineering Task Force) dan W3C.

Pada HTML versi 5.0 ini, dilengkapi dengan elemen untuk menggambar, memutarkan audio, video, serta multimedia, pembuatan konten. Bahkan banyak sekali digunakan untuk program game-game online seperti judi slot atau dota. Namun jika Anda berniat membuat program untuk game online tentu dibarengi dengan beberapa bahasa program lainnya yang lebih rumit. Dimana untuk mengatur grafik pasti dibutuhkan pemrograman C#, serta komponen gambar dalam game.

admin

E-mail : support@sejarahdunia.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*